Rabu, 01 Agustus 2012

Bench Press untuk latihan dada

                      Otot dada adalah otot besar yang menjadi populer para fitness mania. dan didalam latihan dada bench press pasti yang menjadi populernya dan kesukaannya. dan memiliki manfaat paling baik untuk perkembangan otot dada. tapi, jangan anda lakukan teknik dan gerakan bench press yang salah. buat para pemula biasanya akan salah dalam gerakan dan teknik dari bench press. yang akibatnya otot tidak berkembang. ataupun otot akan menyusut. buat para pemula saya akan berikan beberapa tips untuk latihan otot dada anda.. terutama bench press.

1. Gerakan yang benar.
                         bench press dilakukan dengan gerakan berbaring. dan beban diatas otot. ukur jarak peganggan tangan anda sebelum mengangkat beban agar beban tidak berat sebelah.setelah itu angkat beban dengan fokus pada otot dada. gerakan yang baik adalah saat gerakan menurunkan beban harus lebih lambat.dan pada gerakan mengangkat beban keatas usahakan cepat. kalau bisa dengan perbandingan 2 :1 kalau turun dengan 2 detik usahakan naik dengan satu detik. hal ini juga bisa di terapkan pada variasi lainnya. yang memiliki posisi dan gerakan yang sama. bisa juga diterpkan pada latihan otot yang lainnya.

2. Atur Beban yang digunakan dengan benar.
                          jangan terlalu berat dan juga jangan terlalu berat. standard saja sudah cukup. jika anda mengangkat beban terlalu ringan otot tidak akan terasa. dan sebaliknya jika terlalu berat. gerakan yang dihasilkan adalah gerakan paksaan atau tidak ideal sehingga otot dada yang sedang dilatih pun tidak terasa

3. Atur nafas anda dengan baik saat melakukan gerakan.
                          Bench press melakukan gerakan dengan cara berbaring. dengan beban diatas dada. sehingga aturlah nafas anda saat melakukan gerakan akan membantu anda dalam melakukan gerakan dengan baik. saat badan diturunkan tarik nafas. dan saat menggangkat beban keatas.. hembuskan nafas. kembali lagi turunkan beban dan tarik nafas. berhubungan dengan yang no 1. jika beban makin berat maka nafas makin susah diatur karena kita lebih fokus untuk mengangkat beban berat tersebut.

4. Istirahat Otot anda juga harus diperhatikan (management waktu)
                        maksud dari istirahatnya ada dua. yang pertama adalah istirahat per set. antara satu set dengan set yang lain luangkan waktu 1-2 menit untuk otot anda beristirahat. yang kedua adalah istirahat sehari-hari. maksudnya jangan anda melakukan latiha dada setiap hari dengan tujuan mendapatkan otot dada baik dalam jangka waktu pendek. itu adalah sebuah kesalahan karena otot tidak mendapat waktu untuk beristirahat untuk berkembang. paling banyak latiha 2 kali otot dada dalam seminggu.

5. Lakukan latihan variasi lainnya.
                        setelah latihan bench press. atur waktu untuk latihan otot dada variasi lain. karena tanpa didukung oleh latihan variasi lain. dengan bench press saja tidak cukup.

6. Suplemen protein tinggi harus ada.
                       latihan dada adalah latihan yang sangat melelahkan. karena itu usahakan menambahkan nutrisi cukup untuk perkembangan massa otot anda. makan makanan protein tinggi. seperti putih telur, ikan , dada ayam , susu protein tinggi.

                        dengan melakukannya dengan teknik dan gerakan yang baik.,mengatur beban dengan baik, manegement waktu yang baik. ditambah dengan suplemen protein yang tinggi. saya yakin otot anda akan berkembang dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar