Kamis, 16 Agustus 2012

Variasi Latihan Otot Bahu ( Shoulder Exercise )

                        Sebelumnya saya sudah post variasi latihan dada. untuk hari selanjutnya saya akan membahas cara latihan otot bahu. otot bahu adalah otot yang terdapat di lengan bagian atas sampai dengan otot trapesius. otot trapesius adalah otot di dekat leher. untuk lebih mudah lihat aja foto berikut. termasuk otot bahu depan, bahu belakang dan otot trapezius.


                        Menurut saya Latihan otot bahu memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari pada latihan otot dada. selain latihannya harus menggunakan tenaga yang cukup besar. pada latihan bahu juga memiliki tingkat kesulitan pada Pembelajaran teknik dan gerakan. pada pemula yang baru saja latihan bahu lebih baik latihan gerakan dan tekniknya dengan baik dulu. belajar teknik dan gerakan dengan beban yang rendah akan memudahkan pembelajaran dan dibantu oleh partner anda untuk membantu mengatur barbell anda supaya tetap pada keadaan seimbang antara tangan kana dan tangan kiri.
                   setelah gerakan yang anda hasilkan sudah meningkat lebih baik. barulah anda memulai menambah beban. lebih baik lagi kalau anda sudah dapat menghasilkan gerakan dengan santai. yang terpenting adalah otot bahu yang anda fokuskan. sehingga anda tidak sia sia dalam latihan bahu setiap hari.

Ini dia Variasi" dalam latihan Bahu. ingat!!! perganggan dan pemanasan dulu.

1.  Infront Barbell shoulder pres
            dalam Video kita lihat latihan dengan posisi berdiri, tapi kita juga bisa latihan dengan posisi duduk. pertama-tama ukur posisi tangan pada barbell agar memiliki peganggan kuat dan seimbang. setelah itu angkat beban dan melakukan gerakan keatas sesuai dengan video di atas. dengan posisi lurus pada saat beban diatas dan posisi antara leher dan otot dada. dan gerakan ini berguna untuk bahu bagian depan

2. Back Barbell Shoulder Press
                 coba lihat video berikut. itulah posisi duduk yang saya bilang tadi. itu adalah barbell shoulder press bagian belakang. Semuanya sama dengan Shoulder press bagian depan. hanya saja ini barbellnya mendarat di belakang kepala. baiknya ada di bawah telinga. dan gerakan ini berguna untuk otot bahu bagian belakang

3. Arnold Press 
                          Arnold adalah seorang binaragawan yang menciptakan gerakan latihan bahu ini sehingga. nama gerakan aja diambil dari nama penemu gerakan ini. Arnold press. gerakan ini menggunakan dua Dumbell dan Gerakan yang dilakukan cukup rumit. latihanlah gerakannya dahulu sampai anda terasa sudah terbiasa barulah mulailah menambah beban.

4. Dumbell side Latarel Raise
                        Ini adalah latihan bahu yang gerakannya saya bilang susah di pelajari bagi para pemula. para pemula biasanya paling tidak suka pada variasi ini dan sering kali menghilangkan variasi ini dalam latihan bahunya. tapi kalau sudah sampai sudah menguasai gerakan ini anda akan mengetahui sendiri keguanaan latihan variasi ini sangat berguna sekali untuk otot bahu anda. gerakan ini untuk latihan otot bagian bahu depan dan trapezius
                        Gerakan ini juga menggunakan dua dumbell dengan gerakan seperti pada video dibawah ini.

5. Bent Over Lateral Raise
                              Gerakan ini Hampir sama pada Dumbell Lateral raise. hanya saja Gerakan ini di lakukan dengan posisi yang berbeda. sehingga otot yang dilatih pun berbeda. kali ini adalah latihan otot bahu bagian belakang. lihat saja gerakannya di video berikut.

6. Closures Onhead
                                        Ini adalah gerakan tambahan jika anda tidak atau terpaksa tidak melakukan arnold press mungkin karena alat di gym sedang dilakukan orang lain ataupun gimana. ini adalah solusi lain dari Arnold press

7. Dumbell Front Side
                                      ini juga untuk latihan otot bahu bagian depan. dengan menggunakan dumbell. lakukan gerakan seperti pada Video berikut.


                            dari tujuh macam latihan bahu diatas. itu bole saya bilang masih ada banyak sekali variasinya. itulah yang saya bilang rumitnya dalam latihan otot bahu ini. tapi jangan anda merasa malas dalam latihan bahu karena variasinya yang sangat banyak. jstru itulah yang membuat kita sampai tidak akan bosan dalam latihan otot bahu ini.
                              bukan hanya itu variasinya. setelah latihan otot bahu depan,bahu belakang dll. kita harus lanjutkan pada latihan otot trapezius. memang gila kalau saya bilang untuk latihan bahu.. apalagi kalau kita ingin lanjutkan latihan otot lengan ataupun otot perut. banyak sekali fitnessmania pemula yang dibuat bosan oleh banyaknya variasi latihan yang menghabiskan tenaga banyak. yang membuat mereka sampai bisa putus laithan, tapi saya anjurkan untuk memiliki niat kuat untuk membentuk badan anda dengan hidup yang sehat.
saya akan membahas latihan otot trapezius untuk post berikut. terlalu panjang yang ini.. :)

1 komentar:

  1. Terima kasih ya informasinya min Ngga sabar pengen nunjukin ke pacar blog ini biar semangat dianya..

    Kunjungi Juga Blog saya ya » Linkaja88.net

    Hilangin bosen dan menangkan jutaan rupiah............

    BalasHapus