Sabtu, 04 Agustus 2012

Puasa dan Fitness


                       Satu bulan Puasa adalah kewajiban umat muslim untuk menjalankan ibadah tersebut. oleh karena itu banyak juga yang ikut puasa ke gym atau tidak latihan beban saat latihan beban. karena mengganggap bahwa tidak makan seharian tidak bole mengeluarkan tenaga yang banyak untuk berolahraga. sehingga ikut puasa latihan.
                       itu adalah suatu anggapan yang salah menurut saya. justru menurut saya itu adalah kesempatan baik bagi kita. apalagi bagi yang ingin diet. selain menjalankan ibadah. kita juga mengganggap sedang melakukan diet sehat dengan berpuasa.
                       berikut adalah hal-hal yang harus di perhatikan :
 1. mengatur ulang jadwal latihan.
                      jadwal latihan yang kita lakukan pada hari biasanya harus di ubah. sebaiknya kita mulai latihan satu jam sebelum berbuka. sehingga kita dapat menggunakan menu berbuka sebagai nutrisi untuk memulihkan otot setelah latihan

2. bebannya juga harus di turunkan dari biasanya
                       beban memang harus diturunkan dari yang biasanya . karena puasa akan menurunkan kualitas tenaga. karena tidak makan seharian pastinya kita akan mengalami penurunan fisik terutama akan terlihat pada kualitas tenaga kita. 

3. perhatikan juga jumlah makanan saat berbuka.
                       jangan mentang-mentang seharian tidak makan dan barusan siap fitness. langsung memakan sebanyak banyaknya. itu juga kesalahan tersendiri yang terlihat simple tapi akan merusak semua susah payah kita selama seharian berpuasa. makanlah secukupnya dulu saat berbuka. setelah itu baru lanjtukan pada saat anda merasa lapar lagi. dan ingat jangan mencoba untuk makan sebelum tidur. biasakan untuk makan pada saat sahur satelah bangun dari tidur anda.

4. Istirahat harus cukup
                         Berpuasa bukan berarti kita tidak tidur pada malam hari. yang di lakukan hanya hal-hal yang tidak berguna. seperti nongkrong. mendingan anda tidur dengan jadwal tidur seperti biasanya yaitu jam 10 malam. kalau bisa jam 9. karena kita akan bangun untuk sahur juga. dan biasakan juga untuk tidur siang pada bulan puasa. karena tidur pada malam hari pasti tidak cukup.

5. Hentikan latihan bila ada gangguan kesehatan.
                          Bila anda merasa pusing pada saat latihan sebaiknya hentikan latihan. itu bisa terjadi karena glukosa dalam tubuh kita sudah berkurang. jadi, usahakan bisa makan makanan yang berglukosa. memiliki kadar gula.

                               mungkin itu saja sedikit tips buat anda yang lagi puasa mau latihan beban. 
"walaupun puasa latihan terus laksanakan dengan rutin"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar